Sun Outage penyebab no signal sesaat


Sun Outage adalah siklus alami yg di sebab kan oleh gerakan matahari yg sejajar dengan satelit dan parabola pada 1 garis lurus, sehingga signal satelit terdistorsi oleh pancaran matahari sehingga menyebab kan signal satelit mulai menurun sedikit demi sedikit sampai hilang total dan muncul lagi sampai signal kembali normal beberapa menit kemudian biasa signal nya hilang sekitar 10 menit. Kejadian ini terjadi pada jam yg sama selama lebih kurang 10 sampai 15 hari dan terjadi 2 kali setahun. Utk setiap daerah bisa berbeda – beda waktu nya tergantung di mana posisi kita berada. Jadi kalau sekarang mungkin daerah anda sudah ada yg mulai kena gejala di atas itu bukan perangkat nya yg bermasalah.
Untuk Banda Aceh sudah mulai sun outage sekitar seminggu lalu dan utk sat Palapa D mulai terjadi pada jam 11.05 Wib sampai jam 11.20 wib, sedangkan utk sat Telkom 20 kemudian atau sekitar 11.40 Wib berakhir pada jam 11.55 Wib.

Sun Outage utk berbagai wilayah lain ada di Sun Outage Calculator cara nya gampang tinggal memilih nama kota anda serta memilih satelit trs masukan besar parabola anda trs klik calculate.

Berikut gambar Ilustrasi Sun Outage yg di ambil dari NHK World.

semoga bermanfaat.

update 26 sep 2010 6.45 wib

Artikel terkait ;

Update freq PALAPA D
Freq baru TV One / tvOne
freq/frek baru global tv
LBS Movie on PALAPA D
Update freq TELKOM 1
freq baru antv di satelit telkom
Trans7/TV7 hilang gambar
Update Channel Sport
cara setting dan program receiver parabola

75 thoughts on “Sun Outage penyebab no signal sesaat

  1. Ada apa ya kira2 nss6 didaerah saya 3hr ini sinyal short.bahkan sama sekali tdk rubah untuk posisi setingannya

  2. bos mau tanya, kalau jm 6 pagi sampai jm 10 siang sinyal indosiar bagus, tapi kalau 11 siang sampai jm 23 malam indosiar tidak bagus lagi, kiar-kira penyebabnya apa bos…

    • kemungkinan setelan parabola kurang tepat, atau bisa juga parabola agak kecil yaitu 6 feet, atau bisa juga LNB mulai lemah penerimaan signalnya,….
      coba di cek satu persatu pada saat sinyalnya bermasalah..

      Salam.

  3. Mau tanya,mengapa sinyal parabola hilang saat panas matahari (siang hari ) dan sinyal muncul kembali saat dingin (pada pagi dan sore)

Silahkan Komentar yang baik dan sopan, Komentar tidak sopan akan kami hapus

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.